Klub Petanque Unesa Ukir Prestasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Klub Petanque Unesa Ukir Prestasi

Editor: Choirul
Wartawan: -
Selasa, 27 Maret 2018 22:54 WIB

kompak. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Belum genap lima tahun sejak dibentuk, Klub Petanque telah banyak menuai prestasi. Misalnya pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) tahun 2017 lalu, klub ini berhasil memboyong empat medali perunggu.

Nur Cholis, ketua harian Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Fopi) Jatim serta pelatih Klub Petanque , mengungkapkan bahwa klub petanque dibentuk sejak 2013. Ia mengungkapkan sejak itu beberapa prestasi telah mereka raih, yang terbaru Pomnas Makasar tahun 2017 lalu.

“Petanque di udah ada sejak 2013, bahkan sejak sebulan lalu sudah dibentuk UKM sendiri. Bahkan pemain-pemain senior petanque di Surabaya ada di . Kami juga sudah meraih beberapa prestasi, di PON lalu kami dapat 1 perak dan 1 perunggu, dari kategori triple mix dan tunggal,” ungkapnya.

Cabang olahraga petanque sendiri tergolong baru di Indonesia, meski di luar negeri sudah ada bahkan sejak tahun 1907. Nur Cholis menceritakan bahwa petanque mulai dikenal dan populer di Indonesia sejak tahun 2012, bertepatan dengan moment Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games. Hingga kini telah ada 23 induk Fopi di seluruh Indonesia. Sementara itu ada tujuh belas pusat pembinaan petanque yang tersebar di provinsi Jawa Timur.

“Sampai saat ini ada tujuh belas pusat pembinaan di Jawa Timur. Awalnya di , tapi kemudian sudah menyebar ke separuh Jawa Timur, dari Ponorogo, Kediri kota, Malang, Pasuruan, Mojokerto, Malang dan banyak kota lain,” ungkapnya.

Ia pun membeberkan bahwa 20 orang atlet akan diberangkatkan ke Bekasi pada 27 Maret untuk mengikuti dua kejuaraan sekaligus, yakni Kejurnas dan Kejuaraan Double Open yang diadaakan oleh Fopi.

“20 orang atlet akan diberangkatkan ke Bekasi besok, tapi gak semua ikut Kejurnas. Namun separuhnya ikut double open. Untuk kejurnas, sepuluh orang ikut dengan nomor pemainan. Sementara untuk doble open, hanya satu nomor permainan saja,” ujar Cholis ketika ditanya mengenai kejuaraan yang akan segera diikuti itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: *Renny Ambar

 

sumber : *Renny Ambar

 Tag:   Unesa

Berita Terkait

Bangsaonline Video