Renovasi Balai Pemuda Surabaya Selesai Tahun Ini | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Renovasi Balai Pemuda Surabaya Selesai Tahun Ini

Editor: nur syaifudin
Wartawan: maulana
Senin, 25 Agustus 2014 22:53 WIB

Balai Pemuda Surabaya dalam proses renovasi.

Surabaya-HARIAN BANGSA

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan renovasi Balai Pemuda Surabaya rampung tahun ini. Pengerjaan bangunan cagar budaya tipe A ini agak terkendala bahan dan bentuk bangunan yang memang sama persis seperti sebelumnya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, renovasigedung yang terbakar pada Selasa 20 September 2011 silam itu bukan perkara mudah. Mengingat Balai Pemuda masuk cagar budaya tipe A atau tipe utama, maka harus ada ketelitian dan kecermatan yang ekstra tinggi. Bahan-bahan yang digunakan juga harus menggunakan campuran khusus. Selain itu, untuk mencari interior dan eksterior cagar budaya yang asli juga tidak mudah. Meski begitu saat ini sudah ditemukan bahan seperti asli dengan berbagai campuran sehingga bahan yang dimaksud benar-benar mirip aslinya dengan bahan yang lebih tahan lama.

“Membangun cagar budaya itu berat. Itu (bahan bangunan) campurannya khusus dan tidak mudah,” katanya.

Meski begitu, mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu optimistis tahun 2014 ini selesai. Ini karena pemenang tender pengerjaan juga tinggal melanjutkan pembangunan yang sebelumnya juga sudah berjalan. Pembangunan Balai Pemuda sempat terhenti karena kontraktor awal tak bisa memenuhi target pembangunan. Akibatnya, pemkot menghentikan pengerjaan dan mengganti dengan kontraktor baru.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   balai pemuda

Berita Terkait

Bangsaonline Video