​Aksi Gantol Listrik Disinyalir Masih Terjadi di Pacitan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 21 Maret 2018 16:42 WIB

PACITAN, BANGSAONLINE.com - PT PLN (Persero) mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersinergi dalam melakukan pengawasan terhadap tindakan pencurian daya listrik secara ilegal. Hal ini disampaikan Manajer PT PLN Area Ponorogo Rizlani. Ia mengimbau agar masyarakat ikut membantu kinerja PLN, utamanya memberikan informasi awal seandainya ada pihak-pihak yang sengaja memanfaatkan daya listrik secara menyimpang. 

"Ini banyak terjadi, khususnya pada saat musim hajatan. Karena itu apabila masyarakat mendapati tindakan seperti itu segera memberikan informasi ke PLN, akan segera kita tindaklanjuti," terangnya baru-baru ini.

Menurut Rizlani, praktik pencurian daya listrik secara ilegal tersebut sangat mudah dilihat. Biasanya banyak terjadi pada masyarakat yang menyelenggarakan hajatan besar, atau tak jarang juga para tukang las keliling diduga juga sering dijumpai menggantol daya listrik tanpa sepengetahuan PLN. 

"Penyelenggara hajatan atau masyarakat yang memanfaatkan jasa tukang las keliling biasanya tidak paham tentang pencurian itu. Namun kami sering mendapatkan laporan dan setelah kita cek ternyata benar ada praktik pencurian daya listrik tanpa prosedur. Kalau ini terjadi jelas akan kami beri sanksi, baik berupa penambahan biaya atau sampai ke ranah hukum," tegasnya. (yun/ian)