Tabuh Bedug, Menteri Agama Resmikan SMA Trensains Pesantren Tebuireng II

Editor: musta'in
Wartawan: mas'ud adnan
Sabtu, 23 Agustus 2014 17:09 WIB

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. foto istimewa

JOMBANG (BangsaOnline) – Menteri Agama Drs Lukman Hakim Saifuddinmeresmikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Trensains Pesantren Tebuireng II di Ngoro Jombang ditandai dengan menabuh bedug, Sabtu (23/8/2014). Menag didampingi pengasuh Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Solah).

Dalam sambutannya, Gus Solah menyatakan bahwa Pesantren Tebuireng adalah pelopor masuknya pelajaran umum ke dalam pesantren. Gagasan itu berasal dari KH A Wahid Hasyim saat pesantren lain masih merasa tabu memasukkan ilmu umum ke dalam kurikulum pesantren. “Dulu sempat ditentang tapi akhirnya diterima semua pesantren,” cetus Gus Solah.

Semula, Pesantren Tren Sains atau Pesantren Tebuireng II akan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. M Nuh DEA. Selain M Nuh juga akan hadir Menteri Agama Drs Lukman Hakim Syaifuddin dan mantan Presiden RI Prof Dr Ing BJ Habibie. Menag akan memberi sambutan sedang BJ Habibie menyampaikan orasi ilmiah. Tapi, menurut Gus Solah BJ Habibie dan M Nuh tak bisa hadir. Jadi yang meresmikan Pesantren Tebuireng II adalah Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Diketahui, Pesantren Tebuireng kini telah mengembangkan diri menjadi empat Pesantren. Yaitu Pesantren Tebuireng (pusat), Pesantren Tebuireng II di Jombok Ngoro Jombang, Pesantren Tebuireng III di Inhil Riau dan Pesantren Tebuireng IV di Inhu Riau. Pesantren cabang ini tampaknya akan terus berkembang sesuai kebutuhan pendidikan masyarakat Indonesia.