Atasi Kebutuhan Air Saat Kemarau, BI Resmikan Waduk Mini di Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Atasi Kebutuhan Air Saat Kemarau, BI Resmikan Waduk Mini di Kediri

Wartawan: Arif Kurniawan
Minggu, 25 Februari 2018 19:47 WIB

Waduk mini yang berada di Desa Kebonrejo Kecamatan Kepung, diharapkan bisa membantu petani cabai dimusim kemarau. Foto: Arif Kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Untuk mengatasi kebutuhan air tanaman cabai di musim kemarau, Bank Indonesia (BI) meresmikan waduk mini di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, Minggu (25/2).

Peresmian waduk dilakukan langsung oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi dan menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa Waduk Mini (Embung) berukuran 6.000 meter persegi dengan kedalaman 3,5 meter, di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung, kepada Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pembangunan embung tersebut merupakan bentuk kepedulian BI yang ditujukan untuk membantu mengatasi permasalahan ketersediaan air bagi para petani saat memasuki awal tanam di musim kemarau. Sehingga dapat menekan biaya produksi budidaya cabai, mendorong ketersediaan produksi, meningkatkan stock cabai, dan pada gilirannya dapat mengurangi gejolak harga cabai di pasaran lokal dan nasional. Luas lahan yang akan terbantu minimal seluas 50 hektare.

Pembangunan embung dimulai pada tanggal 4 November 2013 dan diselesaikan pada tanggal 30 Januari 2014. Namun demikian pada bulan Februari 2014, terjadi letusan besar Gunung Kelud sehingga embung mengalami kerusakan dan belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video