Bengawan Solo Meluap, 1.425 Jiwa dari 11 Kecamatan di Bojonegoro Mengungsi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bengawan Solo Meluap, 1.425 Jiwa dari 11 Kecamatan di Bojonegoro Mengungsi

Wartawan: Eky Nurhadi
Jumat, 23 Februari 2018 20:41 WIB

Warga saat melakukan evakuasi korban banjir.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Banjir luapan air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terus meluas. Data sementara jumlah warga yang mengungsi sebanyak 1.425 jiwa dari 1.249 kepala keluarga (KK) yang kebanjiran.

Ribuan warga itu tersebar di 60 desa di 11 kecamatan yang berada di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo, mulai Padangan, Malo, Kalitidu, Kota Bojonegoro, Kapas, Balen, Kanor, Baureno, Trucuk, Ngasem dan Kecamatan Dander.

Bupati Bojonegoro Suyoto mengatakan, ketinggian air Sungai Bengawan Solo saat ini sama seperti pada 2007 lalu. Yaitu berada di atas 15,00 mdpl (meter di atas permukaan air laut) atau siaga merah. Dimana saat itu ribuan orang mengungsi, dan banjir merusak sejumlah fasilitas umum.

"Bengawan Solo siaga merah. Masyarakat yang belum terdampak segera persiapan menghadapi genangan air di dalam rumah. Untuk warga yang berada di pengungsian tetap tenang, tim medis dan bantuan logistik makanan, pakaian akan terus melakukan melayani," ujar Suyoto, Jumat (23/2) petang.

Selain merendam ribuan rumah, banjir-banjir luapan air Sungai Bengawan Solo juga menggenangi ribuan hektare lahan pertanian dan perkebunan palawija, belimbing dan jambu di Kecamatan Kalitidu.

"Taksir kerugian sementara mencapai Rp 460 juta. Data akan terus kita update, termasuk data ketinggian air Sungai Bengawan Solo," bebernya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   banjir bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video