Gus Ipul Diwaduli Limbah dan Reklamasi oleh Nelayan Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Ipul Diwaduli Limbah dan Reklamasi oleh Nelayan Gresik

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Jumat, 16 Februari 2018 15:22 WIB

Cagub Jatim Gus Ipul bersama Ketua PDIP Gresik Hj. Siti Muafiyah bertemu nelayan di Balai Keling Kelurahan Kroman Gresik. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Calon Gubernur (Cagub) Jatim Saifullah Yusuf () bertemu nelayan Kabupaten Gresik di Balai Keling, Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik. Kesempatan itu digunakan nelayan untuk berkeluh kesah, Jumat (16/2).

"Kami nelayan di Pangkahwetan adalah nelayan tradisional. Kami meminta agar pencari ikan yang menggunakan alat tangkap tak ramah lingkungan ditindak. Sehingga, nelayan tradisional bisa tenteram dalam mencari nafkah seperti tahun 80-an," ujar Husnul Arifin, Ketua Rukun Nelayan Pangkah Wetan yang memiliki anggpta 800 orang.

Hal yang sama diungkapkan Puji salah satu nelayan dari Mengare. Ia mengeluhkan banyaknya pabrik yang berdiri di pinggir pantai seperti di kawasan Pelabuhan Internsional Manyar membuang limbah di laut. Hal itu membuat hasil tangkapan menurun.

Dia juga meminta kepada memperhatikan pendidikan gratis bagi anak nelayan mulai tingkatan SD hingga SMA apabila terpilih dalam Pilgub Jatim.

Sementara Wakil Ketua HNSI Gresik Samsul mengeluhkan reklamasi pantai yang sedang gencar untuk perluasan pabrik. "Hal ini mengakibatkan tempat-tempat sarang ikan hilang sehingga membuat nelayan kesulitan mencari ikan di sekitar pantai," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video