Penyeragaman Batik Mojokerto Molor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penyeragaman Batik Mojokerto Molor

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: yudi eko purnomo
Selasa, 19 Agustus 2014 22:03 WIB

MOJOKERTO (bangsaonline) - Upaya penyeragaman khas Kota Mojokerto bagi ribuan PNS di lingkup Pemkot Mojokerto molor dari jadwal yang mestinya bulan Juli 2014 Pasalnya, meski diputuskan satu motif dengan teknik cap, namun untuk memproduksi secara massal yang bakal digarap puluhan perajin ini masih menunggu rampungnya cetakan motif yang dipesan dari Solo.

“Sekarang masih dalam taraf penggandaan alat cap,” kata Sekretaris Diskoperindag UKM Kota Mojokerto, Indah Soelistiowati Andayani, Selasa (19/8).

Menurut Indah, Dekranasda yang diserahi soal desain sudah merampungkan tugasnya. Walikota Mas’ud Yunus pun menetapkan satu motif dari beberapa alternatif motif. Namun, Diskoperindag yang selama ini membina perajin hanya menjaring sekitar 20 perajin dari sekitar 40 perajin .

“Tidak semua perajin dilibatkan dalam pengadaan seragam . Dari sekitar 40 perajin (), separuhnya saja yang siap menerima order,” katanya.

Hal itu, lanjut Indah, karena proses peman dengan alat cap merupakan hal baru bagi perajin Kota Mojokerto yang selama ini bergelut di bidang tulis. Perajin yang siap menerima order tentunya yang sudah mulai beradaptasi dengan ketrampilan cap. “Ketrampilan mem dengan cap beda dengan tulis. Memang prosesnya lebih cepat, tapi teknisnya juga khusus,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   batik

Berita Terkait

Bangsaonline Video