Peringati HUT Kemerdekaan RI, Pelindo III Tetapkan Budaya Perusahaan

Editor: nur syaifudin
Minggu, 17 Agustus 2014 15:12 WIB

Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto ketika memberi sambutan dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI.

SURABAYA-(BangsaOnline)

Bertepatan dengan peringatan Kemermdekaan RI ke 69,Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menetapkan budaya perusahaan sebagai pedoman kerja bagi seluruh elemen Pelindo III.Budaya perusahaan ini diperlukan guna mencapai visi Pelindo III yakni berkomitmen memacu integrasi logistik dengan jayanan jasa pelabuhan yang prima.Launching budaya perusahaan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto sesaat setelah pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu (17/8).

Budaya perusahaan diperlukan untuk membentuk karakter para pegawai dalam memberikan layanan jasa kepelabuhanan.Budaya perusahaan dibentuk sebagai pedoman pegawai dalam bertindak, bersikap, dan berperilaku. Oleh karenanya, manajemen Pelindo III telah menetapkan budaya perusahaan yang terbagi dalam tiga nilai inti utama.Ketiga nilai inti tersebut adalah Customer Focus, Care, dan Integrity.

Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto mengatakan bahwa budaya perusahaan Pelindo III bertumpu kepada nilai-nilai inti yang merupakan hal paling mendasar bagi insan Pelindo III untuk beroperasi secara efektif dan berkelanjutan, yaitu: Customer Focus, Care dan Integrity. “Nilai-nilai inti inilah yang menjadi patokan bagi kita untuk membentuk sikap kerja baru menuju perbaikan luar biasa sehingga keinginan kita mewujudkan visi dan misi perusahaan akan tercapai”, jelas Djarwo.

Lebih lanjut Djarwo mengemukakan bahwa Customer Fokus harus dimaknai oleh insan Pelindo III untuk selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, dan kata "Care" dimaknai selalu terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan. Sedangkan Integrity dimaknai dengan senantiasa berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika.

“Penyusunan budaya perusahaan sendiri dilakukan melalui proses yang cukup panjang sampai akhirnya terbangunlah tatanan budaya perusahaan PT Pelindo III”, rinci Djarwo. “Proses membangun budaya Pelindo III melibatkan beberapa orang taf kunci termasuk Direksi untuk memastikan bahwa budaya ini memiliki nilai-nilai luhur yang selama ini telah bersemi dengan baik di Pelindo III dan diyakini akan membawa perusahaan mencapai visi dan misinya di kemudian hari”, pungkas Djarwo.

 

sumber : humas