Diduga Ada Suap Ratusan Juta, Warga Banter Gresik Polisikan Panitia Penyaringan Perangkat Desa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diduga Ada Suap Ratusan Juta, Warga Banter Gresik Polisikan Panitia Penjaringan Perangkat Desa

Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Senin, 08 Januari 2018 20:13 WIB

Dua warga Banter juga mendatangi Balai Komunitas Wartawan Gresik (KWG) usai mengadu ke Polres.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Banter, Kecamatan Benjeng, Irawan Hidayat dan Abdul Rouf mendatangi Polres Gresik, Senin (8/1/2018). Mereka mengadukan proses Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) di desa mereka yang dinilai tidak prosedural karena diduga ada kecurangan.

Selain ke Polres, mereka juga lapor ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Gresik.

Dalam laporannya, Irawan menuding panitia P3D telah mengondisikan sejumlah peserta rekrutmen agar lolos ujian tulis. Adapun 3 jabatan yang diperebutkan dalam rekrutmen ini yakni Sekretaris Desa (Sekdes), Kasi Pemerintahan, dan Kepala Dusun (Kasun).

"Peserta yang ikut perekrutan perangkat desa 6 orang dan yang lolos 3 orang. Kami curiga dengan pembuatan soal ujian tulis yang dibuat oleh Universitas Merdeka Malang. Karena Ketua Panitianya menempuh S2 di PTS tersebut. Sehingga sangat dimungkinkan adanya pembocoran soal atau kunci jawaban," ujar Irawan yang juga dibenarkan oleh Rouf kepada wartawan usai melapor, Senin (8/1/2018).

Tak sampai di situ, Irawan juga mencurigai adanya dugaan transaksi uang (suap) dalam proses P3D. Ia mengaku telah mendengar adanya peserta yang membayar uang Rp 25 juta dan 200 juta dalam perekrutan ini.

"Untuk Kasi Pemerintahan kabarnya bayar Rp 25 juta dan yang Kasun bayar Rp 200 juta," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Desa Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video