KPU Jatim Permudah Santri Gunakan Hak Pilih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

KPU Jatim Permudah Santri Gunakan Hak Pilih

Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 01 Januari 2018 20:27 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Pilgub Jawa Timur 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menfasilitasi dan mempermudah para santri pondok pesantren supaya bisa menggunakan hak pilih tanpa harus pulang ke rumah masing-masing.

Bahkan, asalkan para santri itu sudah terdaftar dalam daftar pemilih online (Sidalih), maka para santri yang ingin menggunakan hak pilih di Pondok Pesantren bisa menghubungi KPU di daerah mereka mondok via email atau telepon untuk segera dibuatkan form A5 (pindah pilih).

"Para santri tak usah pulang ke rumah masing-masing hanya untuk mengurus pindah pilih. Tapi cukup menghubungi KPU via email atau telepon, nanti bisa dibuatkan pindah pilih oleh KPU setempat," ujar komisioner , Choirul Anam, Senin (1/1).

Menurut Anam, perlakuan para santri ini sama dengan perlakuan yang diberikan kepada para penghuni Lapas, sepanjang santri tersebut masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan warga Jawa Timur maka KPU akan menfasilitasi sebagai pemilih.

Teknis pindah pilih itu, lanjut mantan komisioner KPU Kota Surabaya sudah ada aturan yang jelas. Namun meskipun sebuah pondok pesantren memiliki santri ribuan tapi tidak mungkin bisa dibuatkan TPS khusus di Pondok Pesantren sebab basis TPS adalah DPT, dan DPT basisnya adalah penduduk lokal sesuai dengan alamat KTP.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   KPU Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video