Pengusaha Tambang Abaikan Aspek Lingkungan, Ketua DPRD Pasuruan: Ayo Ramai-ramai Obrak Penegak Hukum | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pengusaha Tambang Abaikan Aspek Lingkungan, Ketua DPRD Pasuruan: Ayo Ramai-ramai Obrak Penegak Hukum

Wartawan: Supardi
Jumat, 22 Desember 2017 00:42 WIB

Truk tonase besar bermuatan sirtu melintas di jalan Desa Winingan ini. Dalam 3 menit, jalan ini dilalui 16 dum truk. Inset, Ketua DPRD Pasuruan Sudiono Fauzan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Maraknya tambang galian C di Kabupaten Pasuruan terus disorot berbagai pihak. Pasalnya, para penambang ini mengabaikan aspek lingkungan, misalnya menyebabkan kerusakan jalan desa akibat lalu-lalang dump truk pengangkut hasil tambang. Juga, sudah banyak lokasi bekas tambang yang ditinggal begitu saja oleh pihak pengusaha.

Terkait hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mendesak aparat hukum agar bertindak tegas terhadap para penambang.

“Karena ulah pengusaha tambang yang mengabaikan aturan, saya mengajak semua elemen masyarakat bersama bersama obrak-obrak aparat penegak hukum supaya bertindak tegas. Siapa saja yang bermain-main dalam dunia tambang, termasuk lainnya, yang menyalahi ketentuan perundang-undangan berlaku, harus diusut tuntas. Harus dipertanggungjawabkan,” tegas Dion, panggilan Sudiono.

"Sebab, maraknya penambang, meskipun izin belum keluar, mereka sudah bisa beroperasi, sudah membayar pajak. Kalaupun melanggar, hanya terkena pasal tipiring dengan vonis denda Rp 20 juta saja," imbuhnya.

Ia kemudian menyontohkan kondisi yang terjadi pada warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Nguling dan warga Desa Lebak dan Winongan Lor, Kecamatan Winongan, di mana di tempatnya terdapat tambang galian C.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tambang Pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video