Komisi B Dorong Pengembangan Mangga Alpukat Khas Pasuruan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komisi B Dorong Pengembangan Mangga Alpukat Khas Pasuruan

Wartawan: M Didi Rosadi
Kamis, 16 November 2017 23:47 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mangga alpukat atau mangga gadung Klonal 21 khas Pasuruan belakangan ini menjadi trending topic di media sosial (medsos). Produk hortikultura unggulan Kabupaten yang dipimpin Irsyad Yusuf tersebut kini menjadi buruan para penikmat , baik yang berasal dari Kabupaten Pasuruan maupun hingga luar Jawa Timur. Tokoh nasional sekaliber Muhaimin Iskandar, Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf pun menyampatkan diri datang ke Kecamatan Rembang untuk menikmat mangga fenomenal itu.

Aida Fitriati, Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur memberi perhatian khusus kepada tren mangga alpukat khas Pasuruan tersebut. Menurut anggota Dewan asal daerah pemilihan Pasuruan dan Probolinggo itu, keberhasilan petani mengembangkan varietas unggul mangga gadung itu menjadi berkah bagi petani dan juga daerah Pasuruan, khususnya Kecamatan Rembang.

“Fenomena mangga alpukat ini memang luar biasa dan patut disyukuri. Mangga ini selain manis, tekstur nya juga lembut. Cara makannya pun unik tak perlu dikupas, cukup dibelah dua kemudian diputar dan dimakan menggunakan sendok,” tutur politisi PKB yang akrab disapa Neng Fitri ini, Kamis (16/11).

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pasuruan ini mengungkapkan saat ini di Kecamatan Rembang ada sekitar 4000 hektar lahan mangga alpukat. Dirinya berharap lahan itu bisa diperluas hingga ke kecamatan lain di luar Rembang seperti Grati dan Sukorejo.

Menurut Wakil Sekretaris Fraksi PKB DPRD Jatim ini, keberadaan mangga alpukat ini juga mengangkat citra Kecamatan Rembang yang semula di luar lebih dikenal dengan praktek kawin siri dan kawin kontrak. Perlahan-lahan kesan itu hilang dengan adanya fenomena mangga alpukat.

“Keberadaan mangga alpukat ini menjadi berkah bagi Kecamatan Rembang. Daerah yang terkenal tandus dan punya kesan negatif, alhamdulillah perlahan-lahan kesan negatif itu hilang oleh fenomena mangga alpukat ini,” ujar cucu KH. Wahab Chasbulloh tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   buah

Berita Terkait

Bangsaonline Video