Kiai Kampung itu Jujur dan Ngayomi, Tidak Berpolitik Kampungan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kiai Kampung itu Jujur dan Ngayomi, Tidak Berpolitik Kampungan

Wartawan: Tim
Rabu, 08 November 2017 20:03 WIB

Fairouz Huda. Foto: istimewa

MALANG, BANGSAONLINE.com - Mantan Ketua Umum PKC PMII Jatim, Fairouz Huda mengaku prihatin terhadap manuver politik sekelompok orang yang mengatasnamakan “kiai kampung”. Apalagi, kata dia, sampai menyerang KH Dr Asep Saifuddin Chalim, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang dikenal sebagai tokoh agama dan panutan.

”Kita semua tahu, kiai kampung itu umumnya lugu, polos, dan jujur serta mengayomi masyarakat di sekitarnya dengan petuah-petuah sejuk, bukan membuat manuver politik di publik, apalagi hanya untuk dukung-mendukung pilgub,” kata Fairouz Huda dalam keterangan tertulisnya yang dikirim ke media massa, termasuk bangsaonline.com.

Ia menjelaskan bahwa kiai harus jadi tokoh teladan dan menyejukkan. ”Jika benar mereka mengatasnamakan sebagai "kiai kampung", maka sudah barang tentu akan menebar kebajikan dengan santun, bukan malah menjadi sumber kebencian yang berdasar pada sebuah kepentingan kekuasaan,” kata Fairouz yang juga Koordinator Jaringan Muda Nahdlatul Ulama (Jarmunu) Jawa Timur.

Ia menegaskan bahwa kiai kampung itu pengayom masyarakat di lingkaran paling basis. Selain itu memiliki kebesaran hati untuk menengahi sebuah problem sosial. ”Jadi menjadi muara inspirasi yang melahirkan kedamaian di tengah-tengah masyarakat atau umat,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video