Hadiri AYIC di Jombang, Wapres JK: Indonesia Tempat Belajar Toleransi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadiri AYIC di Jombang, Wapres JK: Indonesia Tempat Belajar Toleransi

Wartawan: Romza
Senin, 30 Oktober 2017 00:35 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat tiba di acara ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) di Islamic Center Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu), Jombang, Minggu (29/10/2017). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menghadiri acara Youth Interfaith Camp (AYIC) di Islamic Center Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu), Jombang, Minggu (29/10/2017). Dalam kesempatan itu, JK menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang tepat untuk dijadikan tempat pembelajaran tentang toleransi.

Pernyataan tersebut disampaikan JK di hadapan peserta AYIC. “Indonesia memang sering menjadi tempat pembelajaran bagaimana menjalankan toleransi,” kata JK di atas podium.

Menurut JK, toleransi itu bisa dilihat dari hari raya keagamaan yang diakui pemerintah. JK menyebut ada 15 hari raya resmi yang diakui pemerintah.

“Ada 15 hari raya resmi, 3 yang bersifat nasional, lainnya hari raya agama Islam 5, Kristen 3, Buddha Hindu dan Konghucu masing-masing 1. Buddha yang pemeluknya kurang dari 1 persen pun ada hari rayanya. Ini tidak terjadi di negara apapun di dunia ini. China dan Thailand mayoritas Buddha dan Hindu tak ada Idul Fitri,” jelasnya.

Tak hanya itu, bagi JK, toleransi antar umat beragama tampak pula dalam formasi Kabinet Kerja. JK mengatakan para menteri itu memiliki latar belakang agama yang berbeda-beda.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video