Dinkes Kota Madiun Imbau Masyarakat Konsumsi Makanan Bergizi Hadapi Pancaroba

Wartawan: Hendro Utomo
Selasa, 17 Oktober 2017 22:27 WIB

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun Agung Sulistya Wardhani.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Madiun Agung Sulistya Wardhani mengimbau agar masyarakat mewaspadai datangnya masa pancaroba atau peralihan musim. Pasalnya, pancaroba sangat rawan terhadap penyebaran sejumlah penyakit.

"Hujan yang tiba-tiba turun bisa membuat wadah-wadah terisi air yang rawan digunakan sebagai tempat berkembang biak nyamuk penyebar demam berdarah," ujar Wardhani.

Karena itu, pihaknya meminta warga segera melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, melakukan 3M, sampai pada pemberian abate, ataupun pemeliharaan ikan di kolam-kolam yang ada.

"Warga Kota Madiun jangan malas melakukan PSN. Jangan sampai kita temukan kasus demam berdarah," kata dia.

Penyakit lain yang harus diwaspadai saat pancaroba adalah ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) dan diare. Hal ini terkait kondisi daya tahan tubuh yang umumnya menurun saat musim pancaroba terjadi.

Cuaca yang cepat berubah dari panas ke hujan membuat tubuh yang sedang turun daya tahannya mengalami meriang. Selain itu, angin kencang yang terjadi membuat debu beterbangan sehingga rawan membuat flu dan mengganggu pernapasan.

Untuk itu, diperlukan asupan gizi yang baik. Warga diminta mengonsumsi makanan bergizi dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Ia menambahkan, perubahan cuaca yang drastis dari panas ke hujan juga bisa memunculkan dehidrasi. Berolahraga di tempat terbuka juga harus diperhatikan. Karenanya, warga diminta minum banyak air putih, minimal delapan gelas sehari.

Dengan memperhatikan hal-hal pencegahan tersebut, diharapkan gangguan kesehatan saat memasuki pancaroba dapat diatasi.(hen/rd)