To' Oto', Arisan Tradisional Madura yang Hasilkan Puluhan Juta Rupiah hanya dengan Semalam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

To' Oto', Arisan Tradisional Madura yang Hasilkan Puluhan Juta Rupiah hanya dengan Semalam

Editor: choirul
Wartawan: Tari
Kamis, 12 Oktober 2017 12:13 WIB

Tradisi To' Oto'. foto: istimewa

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - To' Oto' adalah tradisi arisan di Suku Madura. Dalam tradisi ini para tamu undangan akan duduk lesehan dan mendengarkan musik serta diberi cemilan kacang sangrai.

To' Oto' sudah menjadi kebiasaan jika sebuah komunitas berkumpul lebih dari 100 orang. To’ Oto’ berasal dari bahasa tok-kotok yang artinya bisik-bisik untuk berkumpul semacam arisan, yang jumlah uangnya tergantung pada anggota.

Dalam perkumpulan ini, para hadirin menaruh uang dengan jumlah tertentu yang dicatat sebagai hutang piutang oleh si penaruh tadi dan dicatat juga oleh si penerima uang tersebut.

Dalam hal pengembalian, kadang-kadang dikembalikan sejumlah si penaruh tadi. Namun terkadang dilebihi sebagai piutang untuk dapat ditarik lagi kelak dalam gilirannya. Namun rata-rata pengembalian berjumlah dua kali lipatnya, hal ini dimaksudkan sebagai bentuk gotong-royong yang bisa membantu si penerima untuk buka usaha baru, membangun rumah atau menambah modal berdagangnya.

Acara To’ Oto’ ini selain berfungsi untuk mempererat silaturahmi sesama kerabat, juga bisa untuk bergotong royong membantu permodalan bagi anggotanya yang masih pemula dan saling memberi informasi bisnis di setiap pertemuannya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Budaya Madura

Berita Terkait

Bangsaonline Video