"Bina Lestari", Kelompok Batik Mendalan Pasuruan yang Kembangkan Motif Air dan Ikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

"Bina Lestari", Kelompok Batik Mendalan Pasuruan yang Kembangkan Motif Air dan Ikan

Editor: Choirul
Wartawan: Ozy
Kamis, 12 Oktober 2017 12:02 WIB

Motif air. foto: istimewa

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bina Lestari adalah kelompok di Desa Mendalan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuran, yang berdiri tahun 2010, dengan pembina Vranie Lebaristha Anandia Suyanto (32). Mereka mengembangkan khas Pasuruan dengan motif dasar ikan dan air.

Bina Lestari mempunyai kisaran 40 warga yang aktif ingin mempelajari bagaimana teknik membuat tulis.

Bina Lestari Pasuruan mempunyai lebih dari dua corak yang diandalkan. Salah satunya adalah Batik tulis Mendalan yang bermotifkan air dan ikan. Kedua motif ini menggambarkan potensi Kecamatan Winongan yang kaya air, ditambah dengan limpahan ikan yang berkembang sangat pesat.

Selain motif air dan ikan, ini juga diandalkan dalam motif bunga dan dedaunan. Harga per potong yang dipasarkan adalah Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu. Mahal atau tidaknya dilihat dari sisi kerumitan corak.

“Mem itu butuh ketenangan. Kalau sampai biaya’an (tidak bisa diam), maka bisa mbeleber ke mana-mana,” kata Ika Ariani (30) sekretaris kelompok ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   batik batik pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video