Teguk Kopi Biji Salak Desa Kramat Bangkalan, Wes Ewes Ewes Bablas Penyakite | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Teguk Kopi Biji Salak Desa Kramat Bangkalan, Wes Ewes Ewes Bablas Penyakite

Editor: Choirul
Wartawan: Tari
Selasa, 03 Oktober 2017 10:58 WIB

Tampilan kopi biji salak. foto: TARI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Biji salak bisa diolah menjadi kopi. Gak percaya? Datanglah ke Markolak Timur, Kramat, Bangkalan. Ada kelompok tani bernama AM Budi Makmur yang berhasil mengolah biji salak menjadi kopi, yang berasa unik. Dan mempunyai manfaat kesehatan bejibun.

Kopi ini memang belum sepopuler dengan kopi pada umumnya. Namun, kopi biji salak khas Desa Kramat ini memiliki khasiat untuk kesehatan bagi penikmat kopi.

Saniah (52), Ketua Kelompok Tani, merupakan satu pengusaha olahan buah salak, termasuk memanfaatkan bijinya untuk kopi. Memang, tidak melulu berisi biji salak, namun dengan takaran tertentu diberi biji kopi.

Biji salak ini dikumpulkan dari sisa buah salak yang telah dioleh menjadi aneka jajanan. Diawali biji salak dijemur kering, lalu disangrai bersama biji kopi. Barulah dilembutkan.

Saniah bisa menghabiskan 60 kg biji salak per hari. Salak-salak ini diambil dari kebun salak yang ditanam di depan halaman rumahnya. Buah salak ini dirawat pekerjanya. Sania juga membeli hasil panen raya di kampungnya, Gudang milik Saniah dipenuhi dengan 200 kg buah salak. Salak ini dipanen 2 kali dalam 1 tahun.

Kandungan kopi biji salak terdapat karbohidrat (10,6), lemak (0,1), protein (1,3), kadar vitamin C (0,0), kalori (48,1). Selain terdapat kandungan gizi, kopi biji salak juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi kopi biji salak bisa menjadi salah satu alternatif alami untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video