Batik Malangan Tampil Memukau di Balai Kota | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Batik Malangan Tampil Memukau di Balai Kota

Wartawan: Tuhu Priyono
Selasa, 03 Oktober 2017 01:49 WIB

Dua orang model saat memperagakan busana batik Tjelaket Malangan di halaman Balai Kota Malang, Malang, Senin (2/10). foto: merdeka.com

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Bertempat di halaman gedung Balai Kota Malang, ratusan mahasiswa, elemen masyarakat hingga pelaku seni, hadir merayakan hari pengakuan Indonesia oleh bangsa dunia.

Sejumlah tarian dan kesenian daerah nusantara, mulai tarian khas suku Dayak, Nusa Tenggara Timur serta tari Gandrung dari Banyuwangi, menjadi menu pembuka pada peringatan hari nasional yang jatuh pada tangal 2 oktober di setiap tahunnya. Tidak hanya tarian saja, di hari tahun ini, Kota Malang menyajikan peragaan busana khas malangan, yang penuh akan corak dan motif, warna, serta moral cerita di baliknya.

Sejumlah peragawati atau pemeran busana berlenggak lenggok memamerkan keindahan tradisional malangan yang diiringi gending dan tari Banyuwangi. Beberapa pengguna jalan yang melintas dan wisatawan asing yang melintas di depan balai kota pun menyempatkan diri untuk melihat dari dekat kegiatan tersebut. Bahkan anggota DPR RI dari komisi VI Rieke Diah Pitaloka serta Ridwan Hisyam dari komisi X juga ikut hadir dalam acara kali ini.

Salah Pemrakarsa Malangan, Hanan Jalil mengatakan, jika tema aksi kali ini adalah “Batik Word Toleran”, di mana tidak hanya sekedar sebagai mode pakaian saja, namun juga sebagai penanda toleransi antar bangsa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video