'Tuyul' Bersolek Ini Dihargai Rp 300 Ribu, Mau? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

'Tuyul' Bersolek Ini Dihargai Rp 300 Ribu, Mau?

Editor: Choirul
Wartawan: Disna
Selasa, 26 September 2017 10:56 WIB

Sukma Trilaksasi saat berkarya di meja kerjanya. foto: Disna Rizki UTM/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tersedia tuyul bersolek di Surabaya. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 300 ribu. Mau?

Jangan punya pikiran klenik dulu. Ini bukanlah tuyul si pencuri uang, tapi boneka yang ketika tanpa baju seperti tuyul. Gundul plontos.

Di tangan Sukma Trilaksasi (59), ibu rumah tangga, warga Rungkut Permai Blok II C11, dengan bendera De Etnik Surabaya, sebuah boneka tuyul itu dirombak menjadi lebih sopan. Dari yang bugil, berganti menjadi berbusana daerah Nusantara.

Sejak usaha ini dibangun 7 tahun lalu, kini pasarnya telah menembus mancanegara. “Boneka yang belum didandani, masih polos, gundul ini bentuknya kecil mirip tuyul, jadi sering disebut pabrik tuyul,” jelas Sukma di rumahnya.

Sukma sengaja memilih boneka berukuran kecil sebagai obyek kerajinannya, karena memang tujuannya sebagai souvernir. Boneka ini diimpor langsung dari China. “Kualitasnya bagus. Bahannya dari karet, lebih awet. Kalau bikinan indonesia dari plastik jadi mudah rusak,” kata dia.

Sekali ambil, Sukma memutuskan harga Rp 6.000 biji. “Kalau pita untuk busana dan sebagainya saya ambil dari Jakarta. Kalau di Surabaya belinya per-meter harganya lebih mahal,” kata Sukma.

Setelah semua bahan tersedia. Maka, berproduksilah dia. Setelah dioprek sana sini. Jreng! Menjelmalah boneka tuyul itu menjadi boneka adat.

Boneka berbusana adat Jawa dengan kebaya, Busana cak dan Ning Surabaya, busana adat Madura, Busana adat dari Sumatera, Sulawasi, Kalimantan, Bali. Semua contoh karyanya didisplay setiap sisi rumahnya. “Boneka adat ini dibuat untuk melestarikan dan mengenalkan berbagai macam busana adat dan budaya yang ada di Indonesia,” ujar dia.

Bukan itu saja, dia juga melayani pemesanan boneka wisuda, lengkap dengan slempang nama masing-masing. Termasuk souvenir pernikahan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   UMKM Surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video