Lima Kecamatan di Jombang Dilanda Kekeringan, BPBD Salurkan Bantuan Air Bersih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lima Kecamatan di Jombang Dilanda Kekeringan, BPBD Salurkan Bantuan Air Bersih

Wartawan: Romza
Selasa, 12 September 2017 17:08 WIB

Warga saat hendak mengambil air bersih bantuan dari BPBD Jombang, Selasa (12/9/2017). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak lima kecamatan di sejumlah desa di Kabupaten dilanda kekurangan air. Untuk mengatasi kekeringan ini, Badan Penanggulangan Bnecana Daerah (BPBD) Kabupaten menyalurkan bantuan air bersih.

Kekeringan ini salah satunya terjadi di Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Sebanyak 96 warga dari 42 KK (Kepala Keluarga) harus melewati hutan demi memenuhi kebutuhan air untuk mencuci, memasak, dan mandi. Tak hanya itu, warga harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer untuk memperoleh air bersih.

“Kekeringan ini sudah terjadi satu bulan setengah. Kami harus turun melewati hutan untuk ke sungai kalau untuk mandi, mencuci, dan memasak. Kalau air bersih ya jaraknya 3 kilometer yang harus kami tempuh,” ujar Hari SIswanto, salah satu warga setempat di sela-sela mengambil air dalam truk tangki bantuan dari BPBD , Selasa (12/9/2017).

Ia berharap pemerintah bisa memberikan solusi permanen karena musibah kekeringan ini sering terjadi di daerah tersebut. “Sejak tahun 2015 sudah kekeringan. Tahun 2016 ya, masih cukup. Tahun ini kami juga mengalami kekeringan. Dan warga sudah lama menyampaikan, supaya ada solusi dari pemerintah, kekeringan ini tidak lagi terjadi,” tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video