Gelar Salat Idul Adha di Masjid Asrama, Dandim Nganjuk Kurban 1 Sapi dan 6 Kambing

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Sabtu, 02 September 2017 09:32 WIB

Penyerahan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing oleh Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E. Dandim 0810 kepada Ta’mir Masjid Baitussalam.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Masjid Baitussalam Asrama Kodim 0810 Jl. Anjuk Ladang Bedingin Desa Sukorejo Kec. Loceret Kab. Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk menggelar salat Idul Adha 1438 H, Jum’at (01/09/17).

Salat Ied yang diikuti sekitar 500 orang jama’ah tersebut juga dihadiri Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E Dandim 0810/Nganjuk, Mayor Inf Edy Sunarko, S.Sos Kasdim 0810/Nganjuk, Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 0810/Nganjuk, anggota Kodim 0810/Nganjuk, Persit dan masyarakat sekitar.

Pada kegiatan salat Idul Adha kali ini bertindak selaku Imam dan Khotib, Kiai Mansyur, Ta’mir Masjid Agung Nganjuk yang juga Purna TNI-D.

Dalam khutbahnya, Kiai Mansyur mengajak kepada para jamaah salat Idul Adha untuk meningkatkan rasa syukur ke hadirat Alloh SWT dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Selain itu, Kiai Mansyur juga mengajak para jamaah agar senantiasa mengambil hikmah dari hari Raya Idul Adha ini, karena Nabi Ibrahim dengan keikhlasannya telah berani untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai bentuk pengabdian kepada Alloh SWT. Selanjutnya oleh Alloh korban tersebut diganti dengan seekor domba.

Lebih lanjut Kiai Mansyur mengatakan, pada hari Idul Adha itu itu juga disunahkan bagi umat muslim untuk menyembelih hewan kurban terutama bagi yang mampu dan diberikan jangka waktu 3 hari tasrek serta disunahkan pula untuk memakan bagian hatinya untuk dimakan sebagai hidangan yang pertama pada hari ini.

Di akhir khutbahnya, Kiai Mansyur berharap kepada jamaah yang mampu untuk melaksanakan ibadah haji seyogyanya segera melaksanakannya, termasuk ibadah korban binatang ternak baik berupa unta, sapi maupun kambing sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Selesai melaksanakan salat Idul Adha, dilanjutkan acara penyerahan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing oleh Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E. Dandim 0810 kepada Ta’mir Masjid Baitussalam. (*/dur)

 

sumber : *Penrem 081