Kasus Undar Trisula, Kajari Jombang: Ijazah yang Dikeluarkan Tidak Berlaku | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kasus Undar Trisula, Kajari Jombang: Ijazah yang Dikeluarkan Tidak Berlaku

Jumat, 25 Agustus 2017 17:32 WIB

Kajari Jombang, Syafirudin. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pasca Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang melakukan penahanan terhadap Lukman Hakim Musta’in, mantan Rektor Universitas Darul Ulum (Undar) Trisula pada Kamis (24/8/2017) lalu, selanjutnya jaksa akan segera membawa perkaranya ke Pengadilan Negeri (PN) kota setempat. Berdasarkan kasus tersebut, ijazah yang selama ini dikeluarkan Undar Trisula dinilai tidak berlaku.

“Setelah kita menerima pelimpahan perkara ini berikut barang bukti dan tersangka, kita akan segera membawa perkaranya ke PN untuk segera disidangka,” ujar Kepala Kejari Jombang, Syafirudin kepada sejumlah awak media, Jumat (25/8/2017).

Dari kasus ini, tersangka yang akrab disapa Gus Lukman itu dinyatakan sebagai orang yang harus bertanggungjawab karena menyelenggarakan pendidikan tanpa izin pemerintah. Penyelenggaraan pendidikan yang selama ini dilaksanakan oleh tersangka termasuk tidak jelas pengelolaannya. “(Kalau) memang penyelenggaraan pendidikannya tanpa izin, tentu ya bodong,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Syafirudin, ijazah sebagai produk dari penyelenggaraan pendidikan yang tanpa izin itu tidak berlaku. Meski begitu, ia belum mengetahui jumlah ijazah yang dikeluarkan Undar Trisula. “(Ijazah) yang dikeluarkan tidak berlaku. Karena berdasarkan aturan-aturan harus ada persetujuan dari menteri pendidikan, segala sesuatu izin-izin penyelenggaraan pendidikan atau pengelola pendidikan atau perguruan tinggi harus ada izin dari pemerintah, harus dilegalisasi oleh pemerintah,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kejari Jombang langsung melakukan penahanan terhadap Gus Lukman sebagai tersangka kasus tersebut, Kamis (24/8/2017). Itu setelah Kejari Jombang menerima pelimpahan berkas perkara dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur pada hari itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   undar jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video