Tolak Pembangunan Sekolah, Petani di Tanggung Blitar Bikin Kuburan dan Pasang Nisan di Persawahan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tolak Pembangunan Sekolah, Petani di Tanggung Blitar Bikin Kuburan dan Pasang Nisan di Persawahan

Wartawan: Akina Nur Al Ana
Kamis, 03 Agustus 2017 16:44 WIB

Warga saat membuat kuburan dan memasang nisan di areal persawahan. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pembangunan SMP Negeri 3 Kota Blitar terus mendapatkan penolakan dari warga. Terakhir puluhan petani warga Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar membuat kuburan dan memasang nisan di areal persawahan desa setempat, yang rencananya bakal digunakan untuk pembangunan SMP Negeri 3, Kamis (3/7).

Kusrianto (69) petani di Kelurahan Tanggung, mengatakan aksi tersebut sebagai wujud protes warga terhadap rencana pembangunan SMP Negeri 3. Sebab, lokasi yang akan digunakan untuk membangun adalah lahan sawah produktif seluas 3 hektare yang saat ini menjadi tumpuan mata pencaharian mereka.

Selain Kusrianto para petani lainnya yang juga ikut aksi penolakan mengaku, sudah enam bulan mereka tidak mempunyai penghasilan. Apalagi sejak tiga bulan lalu, lahan yang mereka kerjakan tiba-tiba diratakan dengan tanah .

"Penolakan ini bukan tanpa alasan, masalahnya ini adalah lahan penghasilan para petani di sini. Kalau seperti ini kita mau hidup dari mana," ungkap Kusrianto, Kamis (3/8).

Lanjut Kusrianto, lahan persawahan seluas tiga hektare tersebut merupakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), yang dilindungi UU No 41 Tahun 2009. Di mana dalam satu kali masa panen rata-rata didapatkan hasil sebanyak 12 ton padi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Sekolah Blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video