Sawah di 15 Kecamatan di Jombang Diserang Wereng, Gagal Panen Bayangi Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sawah di 15 Kecamatan di Jombang Diserang Wereng, Gagal Panen Bayangi Petani

Wartawan: Romza
Senin, 10 Juli 2017 14:16 WIB

Tanaman padi di Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang yang terserang hama wereng. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tanaman padi di 15 Kecamatan di Kabupaten Jombang terserang hama wereng. Tak pelak, hal ini membuat petani terancam gagal panen pada musim kemarau kali ini.

Bahkan, meski mulai dilakukan penindakan, ke depan hama wereng masih menjadi ancaman bagi tanaman padi di Kota Santri. Itu karena serangan wereng tersebut tidak bisa diprediksi musnahnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, sebanyak 15 kecamatan yang terserang hama wereng yakni Kecamatan Jombang, Peterongan, Mojoagung, Sumobito, Kesamben, Bareng, Ngoro, Gudo, Perak, Bandar Kedungmulyo, Megaluh, Mojowarno, Ploso, Tembelang, dan Jogoroto.

Sedangkan 6 kecamatan yang tidak terserang wereng adalah Plandaan, Ngusikan, Kabuh, Kudu, Wonosalam, dan Diwek. Sebagian wilayah tersebut memang tidak ada lahan pertanian tanaman padi.

Kini, petani khawatir serangan wereng itu terus meluas. “Kalau di sini sudah banyak yang terserang wereng. Awalnya sedikit, tapi lama-lama semakin meluas. Kalau terus meluas, nasib petani gimana,” keluh Suhartono (47), salah satu petani, warga Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Senin (10/7/2017) pagi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pertanian Jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video