JelangLebaran, Pesanan Krecek Mojokerto Melonjak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

JelangLebaran, Pesanan Krecek Mojokerto Melonjak

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: gunadhi
Jumat, 18 Juli 2014 22:26 WIB

Ratusan lembar kulit bahan baku krecek dijemur. foto:gunadhi/BANGSAONLINE

MOJOKERTO (bangsaonline) - Mendekati lebaran, pesanan krecek (krupuk rambak) sapi di Desa Kauman, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto meningkat tajam. Puluhan perajin krupuk rambak di sentra rambak inipun menangguk omzet berlipat hingga dua ratus persen.

Cita rasa dan harga yang bersaing dengan produk serupa daerah lain agaknya menjadikan rambak Bangsal kian diburu pedagang dan penikmat cemilan berbahan kulit sapi tersebut. Agar semua pesanan terpenuhi tepat waktu, para perajin harus bekerja ekstra. Para pekerja yang berasal dari desa setempat pun kerja lembur.

Komsum, salah satu perajin krecek krupuk rambak mengaku kuwalahan melayani pemesanan. Jika hari biasa ia mengolah kulit sapi menjadi krecek kisaran 3 ton per minggu, kini berlipat menjadi 6 ton perminggu. Jam kerja dan tenaga kerja pun harus ditambah. Sedang harga krecek rambak ukuran stik yang biasanya dibandrol Rp 60 ribu perkilogram, kini dipasang harga Rp 87 ribu perkilogram.

“Sebenarnya bukan harganya naik, tapi disesuaikan saja. Karena harga bahan dasarnya (kulit sapi) juga naik,'' ungkap Komsum. Kosum yang mengawali memroduksi krecek kulit rambak beberapa tahun lalu ini pun menjelaskan, pembuatan krecek krupuk rambak diawali dari proses memasak kulit sapi yang masih berupa lembaransetelah memalui proses perendaman dalam bak besar yang diisi dengan air kapur yang sudah jernih. Proses ini cukup rumit.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   UKM

Berita Terkait

Bangsaonline Video