Tahun ini, Penderita HIV/AIDS di Lamongan Tambah 63 Orang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tahun ini, Penderita HIV/AIDS di Lamongan Tambah 63 Orang

Wartawan: Nurqomar Hadi
Rabu, 07 Juni 2017 22:47 WIB

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Selama kurun waktu lima bulan terakhir, penderita HIV/AIDS di wilayah Lamongan mengalami peningkatan. Dari data yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, setidaknya ada 63 orang yang ditemukan terjangkit penyakit mematikan ini.

"Penderita HIV/AIDS tiap tahunnya memang terus bertambah, pada tahun 2016 ada 121 warga yang terjangkit, sedangkan pada tahun ini hingga bulan Mei ada 63 penemuan baru, bahkan dua di antaranya merupakan ibu hamil," kata Bambang Susilo Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Rabu (7/6).

Untuk kasus penderita ibu hamil, Bambang menuturkan memang ada kemungkinan besar bayi yang dikandung oleh penderita dapat tertular HIV/AIDS. Namun hal tersebut bisa dilakukan pencegahan dengan melakukan pengobatan ARV (Antiretroviral) secara rutin selama 6 bulan yang bisa didapat di RSUD dr Soegiri Lamongan.

"Untuk pencegahan agar bayi tidak tertular, sang ibu harus diobati dulu dengan ARV minimal 6 bulan, Insya Allah bayinya tidak sampai tertular, bahkan dari laporan selama ini keberhasilah ARV untuk pencegahan hampir mendekati 100 persen," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video