Hanya Rekom Gus Ipul, Kiai Kampung Kritik Kiai Sepuh Pilih Kasih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hanya Rekom Gus Ipul, Kiai Kampung Kritik Kiai Sepuh Pilih Kasih

Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 26 Mei 2017 20:44 WIB

Koordinator Forum Komunikasi Kiai Kampung se-Jawa Timur, Gus Fahrur (berkacamata hitam) saat memberi pernyataan sikap. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Adanya surat dari 21 kiai sepuh yang ditujukan kepada Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar, berujung pada keluarnya rekomendasi DPP PKB untuk Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Calon Gubernur Jatim dari PKB.

Fakta itu mendapat reaksi dari Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT). Para kiai kampung merasa sikap kiai sepuh yang hanya memberi rekomendasi pada PKB tersebut merupakan bentuk pilih kasih. Termasuk hanya nama Gus Ipul yang direkomendasi, padahal banyak tokoh NU yang potensial seperti Khofifah Indar Parawansa, Hasan Aminuddin dan Halim Iskandar. Pernyataan itu disampaikan Koordinator FK3JT, KH. Fahrurrozi.

"Kiai seharusnya mengayomi semua umat. Seharusnya partai lain juga disurati. Ini pilih kasih. Akan membuat semua pimpinan partai (berbasis NU) bingung," kata kiai yang akrab disapa Gus Fahrur itu, Jumat (26/5).

Pengasuh Pondok Pesantren Canga’an, Bangil, Pasuruan itu menegaskan, sejak tahun 1984 NU kembali ke khittah, tidak berpolitik. Sebab itu, para kiai ketika berpolitik praktis tidak boleh menyeret NU, bahkan bila perlu mundur.

"Yang terjadi saat ini memprihatinkan. Kami dari kiai NU kultural merasa ditelikung kiai struktural. Kami sudah tidak mungkin bicara lagi untuk menyamakan presepsi karena sudah terlanjur disalip kiwo-tengen," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video