Bertepatan Harkitnas, SDN Dahor Launching Buku Karya Siswa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bertepatan Harkitnas, SDN Dahor Launching Buku Karya Siswa

Wartawan: Ahmad
Minggu, 21 Mei 2017 20:07 WIB

Siswa SDN Dahor, para pengarang buku. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (), SD Negeri Dahor, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban resmi melaunching buku "Sejarah Baru" karya siswa kelas 5 hingga 6 di sekolah setempat, Minggu (21/5). Launching buku ini mendatangkan penyair terkenal, Anton De Sumartana asal Jawa Barat.

Kepala SD Negeri Dahor, Eva Septiana Rahayu mengungkapkan jika buku ini diciptakan untuk menumbuhkan kreativitas siswa sejak duduk di sekolah dasar. "Terlebih, dalam mengeluarkan kreativitas serta pikiran yang dituangkan melalui tulisan atau syair syiar. Karya syair syiar buku "Sejarah Baru" ini murni karya anak didik siswa SDN Dahor. Selama 6 bulan prosesnya hingga sampai ke penerbitan," katanya.

"Buku syair syiar sejarah baru ini merupakan kali pertama pengenalan literasi buku kepada siswa. Harapannya atas launching ini, akan menumbuhkan sikap mental siswa untuk mengekspresikan diri melalui syair puisi atau tulisan. Sebab, bahasa dengan menulis akan memacu intuisi pikiran diusia dasar," imbuhnya.

"Buku sejarah baru syair syiar adalah bentuk puisi yang dimuliakan, dengan kata lain apa yang rasakan anak akan dikatakan secara natural dunianya yang polos. Seperti salah satu puisi berjudul 'ada kebun di belakang rumah' karya Cindy Dwy Anggraini, siswi SDN Dahor, Kecamatan Grabagan itu menggambarkan lingkungan," beber Eva.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video