Tanya-Jawab Islam: Mencari Hari Baik untuk Memulai Sesuatu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Mencari Hari Baik untuk Memulai Sesuatu

Minggu, 14 Mei 2017 03:19 WIB

DR KH Imam Ghazali Said MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Pak Yai nyuwun perso menawi pendapat panjenengan mbangun untuk TPQ kaleh mandap damel usaha perlu dipun padosi dintenipun punopo mboten, apa harus menunggu hari yang baik, kira-kira bagaimana menurut Panjenengan Pak Yai? (H. Ruba’I, Biak Papua)

Jawaban:

Pada dasarnya tidak ada satu dalil pun yang menyatakan hari ini adalah hari baik dan hari itu adalah hari buruk. Apalagi penentuan hari A untuk membangun rumah atau hari B untuk menikah. Semua hari dianggap baik di dalam Islam. Andaikan untuk memulai menimba ilmu atau bekerja tidak pernah ada di dalam agama tuntunannya harus hari ini dan hari itu.

Ketentuan hari baik itu bukan pada waktu hari itu, tapi pada amal perbuatan yang sudah kita lakukan pada hari itu. Maka, hari baik adalah pada saat kita dapat beramal baik. Allah berfirman di dalam Alquran,

“Demi Waktu, sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman yang beramal saleh, yang saling menasehati atas kebenaran dan yang saling menasehati untuk bersabar”. Qs. Al-Asr: 1-3)

Surat di atas memberikan pengertian bahwa semua orang dalam hari-harinya itu rugi kalau tidak melakukan empat hal di atas. Oleh sebab itu, orang yang beruntung adalah mereka yang memiliki kemampuan melakukan empat hal tersebut. Maka, barometer baik dan tidaknya bukan waktu, tapi amal perbuatan.

Nah, memang ada sebagian ulama yang menggunakan dalil dari hadis nabi yang dilaporkan oleh Abu Hurairah tentang hadis penciptaan alam semesta bukan ajaran atau perintah untuk memulai pekerjaan. Hadis ini sifatnya hanya pemberitahuan saja bukan perintah kepada manusia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video