Melihat Desa Terpencil di Bojonegoro, Warga Napis Akrab dengan Banjir dan Longsor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Melihat Desa Terpencil di Bojonegoro, Warga Napis Akrab dengan Banjir dan Longsor

Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 03 Mei 2017 19:23 WIB

Rumah warga desa Napis.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, seperti sudah akrab dengan bencana banjir bandang dan longsor. Desa yang berada di bawah perbukitan dan gunung yang kondisi hutannya rusak membuat kawasan desa ini rawan terjadi bencana.

Letak Desa Napis juga terpencil. Beberapa dusun di desa ini terpisah antara satu dengan lainnya dengan sungai. Banyak jembatan yang harus dilalui untuk menuju satu dusun dengan dusun lainnya. Kondisi geografis desa juga naik turun di daerah perbukitan.

Saat terjadi hujan deras beberapa waktu lalu, Kali Napis dan Kali Dandang yang berada di desa ini meluap sehingga menyebabkan terjadinya banjir bandang bercampur lumpur. Banjir menerjang permukiman warga di Dusun Napis, Windu, dan Doplang.

Sutari (56), warga Desa Napis, mengungkapkan bahwa penduduk Desa Napis sudah terbiasa dengan langganan banjir dan longsor. Hal ini terjadi karena lokasi desa yang berada di lereng Gunung Sriwing dan Gunung Ngancik. Ditambah lagi kondisi hutan yang memang banyak yang rusak.

“Desa Napis ini memang letaknya terpencil dan berada di daerah rawan bencana banjir dan longsor,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, banjir paling parah terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu banjir luapan Kali Pacal dan Kali Dandang menerjang dan menyeret beberapa bangunan rumah milik warga. Rumah warga yang berdinding kayu dan sasak bambu hanyut terseret derasnya banjir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video