KH Tolhah Hasan: Kiai Hasyim Muzadi Pemimpin Sukses Dua Hal

Selasa, 25 April 2017 22:22 WIB

Kiai Tolhah Hasan saat menyampaikan pidato dalam acara 40 hari wafatnya KH A Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Mahasiswa al-Hikam Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - KH Prof Dr Tolhah Hasan menegaskan bahwa seorang pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain. Menurut mantan Menteri Agama RI era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, kalau ada seorang tokoh tapi tak bisa mempengaruhi orang lain, maka ia bukan pemimpin, tapi pejabat. Misalnya, ucapannya tidak didengar dan tak disukai orang.

"Kiai Hasyim Muzadi ini seorang pemimpin karena bisa mempengaruhi orang. Di mana-mana Kiai Hasyim mempengaruhi orang," kata Kiai Tolhah Hasan saat menyampaikan pidato dalam acara 40 hari wafatnya KH A Hasyim Muzadi di Pondok Pesantren Mahasiswa al-Hikam Malang, Selasa (25/4/2017).

"Ini anugerah," kata Kiai Tolhah Hasan. Karena tak semua orang punya kemampuan mempengaruhi orang.

Kiai Tolhah Hasan juga menegaskan bahwa Kiai Hasyim sukses dalam dua hal. Pertama, Kiai Hasyim Muzadi sukses dalam mendidik keluarga sehingga anak-anaknya berhasil dalam pendidikan dan baik.

Kedua, Kiai Hasyim Muzadi sukses memberi jejak (atsar) dalam kehidupan. Yaitu meninggalkan dua pesantren mahasiswa al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat. (*)