Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (14): Bangun Pesantren Al-Hikam setelah Mlincur | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (14): Bangun Pesantren Al-Hikam setelah Mlincur

Jumat, 07 April 2017 00:58 WIB

Oleh: M Mas'ud Adnan

Banyak sekali peninggalan gedung monumental Kiai Hasyim Muzadi baik di NU maupun di dua Pesantren Mahasiswa al-Hikam yang didirikannya. Selain membangun beberapa gedung NU di Jawa Timur, Kiai Hasyim Muzadi juga meneruskan pembangunan gedung PBNU yang sebelumnya dibangun oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat menjabat ketua umum PBNU Gus Dur memang membangun gedung PBNU di jalan Kramat Raya yang cukup megah. Namun Gus Dur yang terpilih sebagai ketua umum PBNU tiga periode itu kemudian terpilih sebagai presiden RI.

Dalam Muktamar NU di Lirboyo Kediri Kiai Hasyim Muzadi terpilih sebagai ketua umum PBNU atas dukungan penuh Gus Dur. Otomatis pembangunan gedung PBNU dilanjutkan Kiai Hasyim Muzadi.

Kiai Hasyim Muzadi memang dikenal piawai dan getol membangun infrastruktur NU dan lembaga pendidikan Islam atau pesantren. Lihat saja Pesantren al-Hikam Malang dan al-Hikam Depok Jawa Barat yang megah. Begitu juga gedung PWNU Jatim, gedung balai diklat PWNU dan kantor PWNU lama di Jalan Raya Darmo.

Kiai Hasyim Muzadi punya obsesi besar tentang lembaga pesantren yang bernafaskan Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja). Terutama setelah Kiai Hasyim Muzadi melihat perkembangan PBNU yang dinilai mulai dirasuki paham luar Aswaja. Kiai Hasyim Muzadi secara terang-terangan menyatakan bahwa PBNU kini telah terkontaminasi paham luar. Dan itu – menurut Kiai Hasyim Muzadi – tak lepas dari grand design pihak luar yang sengaja ingin menghancurkan NU.

”Mereka memasang orang-orang yang sepaham dengan mereka sebagai pengurus NU dan itu sudah berhasil,” kata Kiai Hasyim Muzadi.

Yang menarik, meski Kiai Hasyim Muzadi mengaku khatam sebagai pengurus NU, yaitu mulai ketua ranting hingga ketua umum PBNU, tapi ternyata pernah absen selama dua tahun. Itu terjadi saat Kiai Hasyim Muzadi masih sebagai pengurus lembaga di PWNU Jawa Timur sebelum akhirnya menjadi sekretaris PWNU Jawa Timur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   hasyim-muzadi

Berita Terkait

Bangsaonline Video