Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (13): Dituding Berpolitik, Tapi Banyak Bangun Gedung Monumental NU | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kebiasaan Baik KH Hasyim Muzadi (13): Dituding Berpolitik, Tapi Banyak Bangun Gedung Monumental NU

Kamis, 06 April 2017 01:09 WIB

Oleh: M Mas'ud Adnan

Salah satu tudingan yang selalu dialamatkan kepada Kiai Hasyim Muzadi adalah terlibat politik praktis. Itu terjadi terutama saat beliau menjabat ketua umum PBNU. Maklum, Kiai Hasyim Muzadi pernah jadi calon wakil presiden RI berpasangan dengan calon presiden Megawati Soekarnoputri.

Lalu bagaimana tanggapan Kiai Hasyim Muzadi? Pendiri dua pesantren mahasiswa al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat itu sering menjelaskan soal ini. Kiai Hasyim Muzadi mengatakan bahwa saat menjadi calon wakil presiden RI itu ada aturan di NU bahwa semua ketua atau pengurus NU di segala tingkatan harus non-aktif sebagai pengurus NU jika terlibat dalam politik praktis.

”Saat itu aturannya begitu. Jadi saya cuti selama jadi calon wakil presiden karena itu saya tak menyalahi aturan organisasi,” jelasnya.

Saat Kiai Hasyim Muzadi cuti sebagai ketua umum PBNU, posisinya digantikan oleh Masdar Farid Mas’udi, salah satu ketua PBNU.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   hasyim-muzadi

Berita Terkait

Bangsaonline Video