Tanya-Jawab Islam: Percaya terhadap Hitungan Primbon | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Percaya terhadap Hitungan Primbon

Rabu, 29 Maret 2017 14:19 WIB

DR KH Imam Ghazali MA

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<

Pertanyaan:

Pak Kyai, Saya mau nikah tahun ini, calon saya asal Pasuruan dan percaya dengan hitungan primbon, setelah kami dihitung ketemu 29, ada yang bilang ke saya gak enak ke depannya. Sampai saat ini saya bingung gelisah dan sedih karena hal itu Pak Kyai. Saya minta solusinya Pak Kyai agar hati saya tenang dan tidak berfikiran yang buruk-buruk karena hal tersebut! (Eva, Sidoarjo)

Jawaban:

Hitungan primbon adalah sebuah catatan yang menerangkan tentang sesuatu yang akan terjadi, berisi ramalan, penentu hari baik dan buruk, perkawinan, kelahiran, kematian, pengobatan dan pemberian makna pada suatu kejadian. Keyakinan semacam ini tidak diajarkan di dalam Islam. Islam mengajarkan umatnya untuk beriman kepada takdir atau ketentuan Allah, baik itu yang bagus ataupun yang buruk, bukan atas dasar perhitungan weton atau tanggal lahir. Sebab di dalam Islam tidak ada hari yang sial, yang sial adalah amal kebaikan kita yang belum bertambah.

Oleh sebab itu, Islam selalumenganjurkan berpikiran positif dalam segala hal. Anas bin Malik melaporkan bahwa Rasul saw bersabda: "Tidak boleh ada pesimisme, dan saya menyukai optimisme".

Lalu beliau ditanya apa itu optimism wahai Rasul? Beliau menjawab: "Ucapan yang baik". (Hr. Bukhari)

Abu Hurairah juga melaporkan sebuah hadis bahwa Rasul SAW bersabda:

“Aku (Allah) menurut prasangka hamba kepadaku, bila ia berprasangka baik kepada-Ku maka baginya kebaikan, maka jangan berprasangka kepada Allah kecuali kebaikan”. (Hr. Bukhari)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video