Rapat Dengar Pendapat Pembangunan Pabrik Gula Diwarnai Aksi Demo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Aksi Demo Warnai Rapat Dengar Pendapat Pembangunan Pabrik Gula PT Rejoso Manis Indo

Wartawan: Akina Nur Al Ana
Senin, 13 Maret 2017 18:19 WIB

Warga Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar menggelar aksi demo, terkait pembangunan pabrik gula yang diduga menyerobot jalan desa. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Desa Rejoso Kecamatan Binangun kabupaten Blitar mendatangi kantor DPRD Kabupaten Blitar, Senin (13/03) siang. Kedatangan ratusan warga yang diangkut menggunakan sepuluh truk tersebut untuk mengawal langsung proses rapat gelar pendapat terkait pembangunan pabrik gula di derah tersebut. Rapat gelar pendapat selain dihadiri seluruh anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, juga mendatangkan pemerintah kabupaten Blitar, serta PT. Rejoso Manis Indo.

Rapat gelar pendapat tersebut digelar untuk menyelesaikan sengketa antara PT. Rejoso Manis Indo, dengan warga setempat. Di mana warga menduga jika PT. Rejoso Manis Indo telah menggunakan tanah yang merupakan aset desa tidak sesuai prosedur.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo mengatakan dalam rapat dengar pendapat tersebut pihaknya menemukan dua hal yang perlu digaris bawahi. Pertama terkait dengan pelaksanaan pembebasan lahan warga yang diduga dipotong oleh oknum sebanyak 2,5 persen. Kemudian terkait dengan tanah aset desa berupa jalan dan saluran air desa setempat yang saat ini sudah berubah bentuk dan fungsinya tanpa sepengetahuan pemiliknya untuk proses pembangunan pabrik.

"Kita memberi rekomendasi kepada warga agar melaporkannya ke pihak kepolisian, agar bisa diselesaikan secara hukum. Karena diduga ada unsur pidana dalam proses-proses tersebut," tutur Wasis Kunto Atmojo.

Erik, salah satu warga desa Rejoso yang ikut dalam rapat gelar pendapat itu mengatakan, warga menuntut agar pihak PT. Rejoso Manis Indo memberi kejelasan, terkait status tanah yang telah digunakan. Apakah aset desa atau milik pribadi yang sudah dibeli oleh PT. Rejoso Manis Indo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video