Mrawan, Terowongan Bersejarah di Banyuwangi Jadi Tempat Wisata | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mrawan, Terowongan Bersejarah di Banyuwangi Jadi Tempat Wisata

Jumat, 10 Februari 2017 22:23 WIB

Terowongan Mrawan di Banyuwangi

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Terowongan Mrawan, kini jadi tempat wisata. Terowongan berusia 116 tahun itu, berada di kawasan hutan lindung PTPN XII Gunung Gumitir dan wilayah perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Jember.

Tempat ini dibangun sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1901-1902 dan akhirnya selesai pada tahun 1910. Pelaksana pembangunan terowongan itu adalah perusahaan kereta api Hindia Belanda.

Pembangunan terowongan dengan panjang 690 meter di ketinggian 400 meter dari permukaan laut ini, dibangun dengan cara memaksa warga sekitar untuk melakukan kerja rodi. Dengan banyaknya warga yang dipaksa kerja rodi, banyak korban berjatuhan dalam proses pembangunan itu. Banyak cerita menyeramkan yang mewarnai perkembangan terowongan Mrawan.

Namun, kisah seram itu sudah jadi cerita lama. Sekarang, kawasan terowongan ini sudah menjadi salah satu jujugan warga untuk berwisata. Karena tempat bersejarah ini telah dimasukkan rangkaian tempat wisata di kawasan wisata Gumitir milik PTPN XII.

Ryan Hidayat, petugas penjaga lintasan terowongan yang bermarkas di pos Jaga terakhir stasiun KA Kalibaru saat ditemui, Jumat (10/2) mengatakan, banyak peristiwa bersejarah tentang terowongan itu. Salah satu ceritanya, bagian terowongan yang dibangun lebih dahulu adalah tembok sebelah kiri dan kanan pada tahun 1901-1902. Proses pembangunan itu sempat berhenti karena di terowongan, terdapat pancuran air. Kemudian, aliran air dari sumber air itu dialihkan ke luar terowongan. Baru kemudian, pembangunan dilanjutkan dengan konstruksi lengkung penutup terowongan yang memakan waktu sekitar delapan tahun. Akhirnya, bangunan terowongan kereta api yang menembus gunung itu, rampung pada tahun 1910.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Wisata Banyuwangi

Berita Terkait

Bangsaonline Video