BPBD Tuban Imbau Masyarakat Waspada, 17 Kecamatan Miliki Struktur Tanah Rawan Longsor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPBD Tuban Imbau Masyarakat Waspada, 17 Kecamatan Miliki Struktur Tanah Rawan Longsor

Rabu, 25 Januari 2017 01:04 WIB

Salah satu rumah di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan yang tertimpa longsor beberapa waktu lalu.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban melansir bahwa sebagian besar wilayah di Kabupaten Tuban rawan mengalami longsor. Dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban 17 kecamatan memiliki struktur tanah yang rawan akan longsor.

Kepala BPBD, Joko Ludiyono mejelaskan, kerawanan struktur tanah disebabkan beberapa hal, di antaranya karena faktor alam, seperti tanah yang terbawa arus air atau banjir bandang. Selain itu, juga bisa disebabkan ulah perbuatan manusia seperti penambangan liar atau kegiatan eksploitasi lain yang tidak memedulikan kelestarian lingkungan dan tata ruang. Penebangan hutan secara sembarangan juga bisa mengakibatkan ketidak stabilan struktur tanah.

''Jadi kami meminta agar masyarakat mewaspadai potensi-potensi tanah longsor. Selain itu, juga turut menjaga alam untuk menekan potensi bencana alam,'' jelas Joko.

Data dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, ke-17 kecamatan di Tuban yang berpotensi longsor itu adalah, Kecamatan Bancar, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Kenduruan, Kecamatan Bangilan, Kecamatan Tambakboyo, dan Kecamatan Singgahan. Kecamatan-kecamatan tersebut memiliki potensi gerakan tanah menengah. Selain itu, Kecamatan Palang, Kecamatan Plumpang, Kecamatan Jenu, Kecamatan Merakurak, juga memiliki potensi gerakan tanah menengah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Longsor Tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video