Berburu Telolet, Malah Bahayakan Keselamatan

Editor: choirul
Wartawan: dicky
Selasa, 27 Desember 2016 11:13 WIB

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Sejumlah remaja pemburu ‘telolet’ justru berkerumun di berbagai titik tepi jalan. Mereka bergerombol, menanti bus dan truk yang melintasi. Setiap kali ada truk dan bus yang melintas, mereka akan berteriak dan mengacunkan ponsel dan poster sederhana bertuliskan: Om Telolet Om.

Sejumlah kalangan termasuk orang tua dan tokoh masyarakat justru khawatir dengan aksi anak-anak pemburu klakson bus. Pasalnya dengan aksi mereka saat ini di tepi jalan, terbilang cukup berbahaya. Bukan cuma bus dan truk, tetapi juga mobil. Apalagi untuk berburu bunyi klakson mobil, mereka akan berteriak, hingga mengejar bus agar si pengemudi membunyikan klakson mobilnya.

“Mereka ada yang berdiri seharian penuh bergerombol membawa poster hingga ponsel untuk memburu bunyi klakson bus atau truk. Padahal di tengah situasi padat kendaraan saat ini, aksi mereka di jalanan ini memang berbahaya. Bayangkan jika mereka sampai terserempet kendaraan,” kata Suwondo Sekcam Sokaraja.

Terkait fenomena ini, pengamat budaya populer dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Sulyana Dadan mengatakan, fenomena pemburu klakson bus ini merupakan bagian dari hasil budaya populer perkembangan teknologi informasi. Fenomena ‘klakson’ yang bisa memancing ekspresi kebahagiaan ini populer karena ekses dari media sosial (medsos) yang ada saat ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video