Lagi, Tanggul Kali Apur Ingas di Kanor Bojonegoro Jebol, Ribuan Hektar Padi Terendam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lagi, Tanggul Kali Apur Ingas di Kanor Bojonegoro Jebol, Ribuan Hektar Padi Terendam

Jumat, 02 Desember 2016 22:13 WIB

GAGAL PANEN: Kurang lebih sekitar 4 ribu hektare padi di Desa Temu tenggelam. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tingginya debit air Sungai Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro tak mampu dibendung tanggul kali, atau anak sungai bengawan di Kecamatan Kanor. Bila kemarin tanggul jebol di Desa Pucangarum, Baureno, kali ini di Desa Temu dan Desa Piyak, Kecamatan Kanor, Jumat (02/12).

Tanggul kali apur ingas di Desa Temu, Kecamatan Kanor jebol pada pukul 14.30 WIB tadi. Kali anak Sungai Bengawan Solo itu jebol sekitar 10 meter. Air mengalir deras mengarah ke persawahan dan perkampungan padat penduduk di Desa Temu dan sekitarnya.

Menurut salah satu warga, Ali Sururi, tanggul itu sebetulnya sudah ditinggikan oleh ratusan warga Desa Temu sejak lima hari terakhir. Kerja bakti di lakukan siang malam secara gotong-royong. Namun, karena tingginya debit air dari Sungai Bengawan Solo, tanggul itu tidak mampu menampung air, sehingga mengalami jebol.

"Awalnya terlihat retak, kemudian ambrol. Padahal sudah ditumpuk karung berisi tanah sebanyak tiga sap, tapi tetap kewalahan," ujarnya menerangkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   banjir bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video