Resmikan Proyek, Bendera China Berkibar di Pulau Obi, Diturunkan Paksa oleh Marinir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Resmikan Proyek, Bendera China Berkibar di Pulau Obi, Diturunkan Paksa oleh Marinir

Minggu, 27 November 2016 23:10 WIB

Karyawan PT Wanatiara Persada dipaksa menurunkan bendera China yang berkibar di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

HALMAHERA SELATAN, BANGSAONLINE.com - Bendera negara sempat berkibar di pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, saat peresmian smelter PT Wanatiara Persada pada Jumat (25/11/2016).

Pengibaran bendera ini diketahui oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kemudian memaksa agar bendera itu diturunkan.

Peristiwa ini bermula pada pukul 08.30 WIT, saat Kapal Motor Sumber Raya 04 yang menangkut rombongan gubernur dan perwakilan Forkopimda Maluku Utara tiba.

Saat kapal itu merapat, muncul informasi tentang pengibaran bendera RRC yang posisinya sejajar dengan bendera Indonesia di sampingnya. Namun untuk ukuran, bendera itu lebih besar dari Merah Putih.

Namun sebelum kapal KM Sumber Raya 04 itu merapat, rupanya sudah sempat terjadi insiden dan ketegangan ketika sekelompok wartawan Indonesia berupaya untuk menurunkan sendiri bendera tersebut.

Upaya sekelompok wartawan ini sempat dihalang-halangi, baik oleh karyawan lapangan perusahaan tersebut dan oleh Kapolres Halmahera Selatan, dengan dalih agar bendera itu diturunkan sendiri oleh orang supaya tidak terjadi permasalahan yang lebih besar.

Selanjutnya, Pasintel Lanal Ternate, Mayor Laut (P) Harwoko Aji berinisiatif memerintahkan Sertu Mar Agung Priyantoro untuk meluncur terlebih dahulu menuju ke lokasi acara untuk mendesak agar bendera itu diturunkan.

Namun sampai di lokasi, bendera itu ternyata sudah sedang dalam sedang proses penurunan oleh petugas Security PT Wanatiara Persada.

Berikutnya, sekitar pukul 09.00 WIT ketika Pasintel Lanal Ternate melakukan investigasi dengan menemui kepala sekuriti PT Wanatiara Persada, muncul laporan bahwa di dermaga juga ada bendera serupa yang belum diturunkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video