Longsor Besar Mengancam Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Longsor Besar Mengancam Pacitan

Jumat, 25 November 2016 13:27 WIB

Pemandangan tanah longsor di Nawangan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bencana tanah longsor dengan skala besar, sewaktu-waktu masih mengancam beberapa daerah di Kabupaten Pacitan. Setelah sedikitnya 27 rumah di Desa Sempu, Kecamatan Nawangan dinyatakan rusak karena tertimpa longsor, kini ancaman tanah longsor yang lebih besar masih mengintai di desa tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sedikitnya sebanyak 345 rumah di Dusun Tanggung, dan Dusun Njajar, Desa Sempu, terancam tertimbun tanah longsor. Rapuhnya konstruksi tanah dan tingginya curah hujan, menjadi pemicu utama bencana tersebut.‎

"Dua puluh tujuh rumah yang rusak kemarin itu belum seberapa, karena jika dilihat, masih banyak rumah yang berada di bawah tebing, sangat rentan. Jika mereka tidak sadar ancaman yang ada. Korban akan muncul lebih banyak," kata Ratna Budiono, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Pacitan, Jumat (25/11).

Sementara itu, sosialisasi dan pendampingan terkait pengetahuan kebencanaan belum pernah dilakukan di daerah tersebut. "Selama ini belum ada sosialisasi terkait bencana. Selain itu, baru ini kali ada longsor besar disni," timpal Sutrisno, Kepala Dusun Tanggung, pada wartawan .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bencana pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video