Pesona Gamelan Pikat Mahasiswa Asing di Universitas Muria Kudus | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pesona Gamelan Pikat Mahasiswa Asing di Universitas Muria Kudus

Editor: abdurrahman ubaidah
Sabtu, 29 Oktober 2016 10:52 WIB

Mahasiswa asal mancanegara ini sedang menjajal alat musik gamelan.

KUDUS, BANGSAONLINE.com – Sekitar 60-an mahasiswa dari berbagai negara mengikuti Muria Cultural Program (MCP), yang digelar oleh Universitas Muria Kudus (UMK). Para mahasiswa dari mancanegara itu terpesona oleh aneka alat music yang ada di ruang gamelan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di kampus swasta terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah itu.

Suara merdu dari alat musik gamelan yang antara lain terdiri atas Kendhang, Demung, Saron, Peking, Bonang, Gong, Slenthem, Kethuk dan Kenong, Gender, dan Gambang itu, begitu memesona 61 mahasiswa yang terdiri atas 17 mahasiswa Indonesia dan 44 lainnya mahasiswa dari berbagai negara.

Diiringi lagu Gambang Suling dan Cublak-cublak Suweng, semua peserta MCP nampak tak sabar berlatih dan memainkan gamelan, di bawah arahan para mahasiswa PGSD dan dosen pembimbing seni karawitan di kampus tersebut.

‘’Gamelan ini alat musi yang menarik, tetapi memainkannya sangat sulit,’’ ujar Pinja Kiira Linnea, mahasiswa asal Finlandia diamini Nigin Kohistasni dari Afganistan. Keduanya dan para mahasiswa lain pun sangat antusias berlatih gamelan pada kegiatan MCP yang berlangsung 27 – 29 Oktober.

Lebih lanjut mahasiswa asal Finlandia mengemukakan, dirinya sangat senang mengikuti MCP yang didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui dana hibah penguatan Kantor Urusan Internasional (KUI) dan didukung Yayasan Pembina (YP.) UMK, Passage to ASEAN (P2A) dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

"Saya senang mengikuti acara Muria Cultural Program ini. Sebab, acaranya unik, menarik, dan pesertanya banyak sari berbagai negara, sehingga semakin menambah relasi internasional,’’ paparnya dalam acara yang dibuka Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS. itu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: humas umk kudus

 

sumber : humas umk kudus

Berita Terkait

Bangsaonline Video