Pembangunan Fisik dan Pemberdayaan Masyarakat Harus Seimbang dalam Penggunaan Dana Desa

Wartawan: Dicky Edyano
Selasa, 25 Oktober 2016 13:26 WIB

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat langsung ke pemerintah desa, diharapkan tidak semata dilaksanakan untuk pembangunan fisik saja. Program pemberdayaan masyarakat untuk mendongkrak kemajuan pendidikan, ekonomi dan sosial budaya masyarakat harus diperbanyak agar seimbang.

Hal ini diungkapkan Camat Ajibarang, Eko Heru Surono usai menyaksikan pelantikan Sekretaris Desa Tiparkidul, Kecamatan Ajibarang yang baru, Selasa (25/10). Menurutnya, saat ini mayoritas program pembangunan desa masih didominasi dengan program pembangunan fisik saja. Padahal program pemberdayaan masyarakat khususnya ekonomi kerakyatan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengentaskan diri dari pengangguran hingga kemiskinan.

“Makanya ke depan kami berharap ada keseimbangan antara program fisik dan pemberdayaan. Jangan sampai fisik dan infrastruktur saja yang digarap, tetapi juga manusianya juga harus dipikirkan agar semakin maju mengelola potensi yang ada,” katanya

Implementasi UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa diharapkan menjadi momen tepat untuk desa untuk semakin membangun. Adanya kewenangan otonomi desa yang lebih luas dibandingkan masa sebelumnya, diharapkan dapat diambil sebagai kesempatan untuk memberdayakan masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video