Intensitas Hujan Tinggi, Petani Bawang Merah di Pacet Panen Dini, Harga Anjlok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Intensitas Hujan Tinggi, Petani Bawang Merah di Pacet Panen Dini, Harga Anjlok

Minggu, 16 Oktober 2016 03:13 WIB

Petani bawang merah terpaksa panen dini. foto: ilustrasi

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sejak bulan September hingga Oktober ini sebagain wilayah di Indoensia mengalami hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, tak terkecuali wilayah Jawa Timur. Kondisi hujan tersebut ternyata menyebabkan harga komoditi bawang merah menjadi murah. Pasalnya, di saat panen raya berlangsung saat ini, banyak petani juga mulai memanen dini bawangnya karena takut busuk akibat tergenang air hujan.

“Secara kualitas bawang merah saat ini memang terbilang bagus, namun harga jual bawang merah dari petani anjlok hingga Rp 10 ribu per kilogram (kg). sebelumnya mencapai Rp 17 ribu per kg. Penurunan harga ini diakibatkan intensitas hujan yang tinggi belakangan pekan ini,” kata Satman, petani bawang merah di kawasan Pacet, Mojokerto.

Ia menjelaskan, saat ini petani juga terlalu banyak pengeluaran biaya operasional. "Biayanya banyak termakan operasional. Penjemuran itu biasanya dua hari. Tapi karena hujan, jadi tiga sampai empat hari," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video