Kekurangan Tenaga Kerja, UKM Tempurung Kelapa “Adjiopet Craft” Gulung Tikar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kekurangan Tenaga Kerja, UKM Tempurung Kelapa “Adjiopet Craft” Gulung Tikar

Editor: choirul
Wartawan: faratiti dewi
Kamis, 13 Oktober 2016 22:49 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Kerajinan Tempurung Kelapa yang berada di Jl Kertajaya II/KA No 41, bertajuk Adjiopet Craft, milik Iwan (34), tidak memproduksi lagi. Pasalnya, Iwan kekurangan tenaga kerja.

Padahal, pemasaran kerajinan tempurung kelapa ini selalu membludak, dan pengirimannya hingga luar pulau. Seperti, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan luar kota seperti Malang, Yogyakarta, Solo, Jakarta, Bogor, Bandung, dan kota lain se Indonesia.

“Adjiopet Craft ini sudah tidak memproduksi sejak 1 tahun lalu. Sebenarnya, keinginan untuk memproduksi lagi. Sering saya melatih anak sekolah, kuliahan dan warga sekitar. Namun, sejauh ini belum ada yang lihai. Terlebih saya sudah bekerja dan menikah di Gresik, dan jarang ke sini, kan kalau melatih harus stand by di Surabaya terus,” ungkap Iwan.

Kerajinan tempurung ini, dirintis Iwan pada tahun 2000. Iwan menamai dirinya dengan Adjiopet Craft, di belakang namanya sesuai dengan nama usaha tempurung kelapanya tersebut.

“Dulu saya menjalankan bisnis ini bersama 5 teman saya di Jl Kertajaya II/KA, seumuran dengan saya umurnya. Namun, ya karena sudah menikah dan kerja sendiri-sendiri jadi terpisah dan tidak ada yang meneruskannya lagi,” tambah Dia

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   UMKM Sidoarjo

Berita Terkait

Bangsaonline Video