Motif Batik Semanggi, Ikon Surabaya berasal dari Kelurahan Sememi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Motif Batik Semanggi, Ikon Surabaya berasal dari Kelurahan Sememi

Editor: choirul
Wartawan: mega melati
Kamis, 13 Oktober 2016 11:20 WIB

Motif batik semanggi, khas Surabaya. foto: mega melati/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Semanggi menjadi ikon Surabaya. Namun, keberadaan tanaman rambat ini kini nyaris punah. Hanya satu kelurahan, bahkan satu kecamatan yang mempertahankan tanaman ini, yaitu Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo Surabaya. Bahkan, para penjual kuliner khas Suroboyo semanggi ini, juga berasal dari kelurahan ini semua. Dan kelompok asal Sememi, melihat peluang ini, mereka pun mengukuhkan Batik Semanggi sebagai bagian khas corak Surabaya.

Tepatnya di RT 01 RW 01 Kelurahan Sememi, sentra ini konsisten memroduksi semanggi. Demikian ditegaskan Sudarmi (46), anggota kelompok Batik Semanggi Dua di bagian pemasaran, Minggu (09/10/2016), di Taman Bungkul Surabaya.

“Dulunya di RW 09 sudah ada Batik Semanggi 1, trus vakum. Lalu kita yang meneruskan. Kita pengen RW 01 jadi ikon Batik Semanggi,” jelasnya.

Merk produk Batik Semanggi RW 01 adalah Batik Semanggi Dua karena kelompok usaha Batik Semanggi Dua ini berbeda dengan kelompok usaha Batik Semanggi satu di RW 09.

khas Suroboyo. Warna hijaunya bukan warna bonek.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   batik batik surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video