Krisan, Kerajinan dari Kulit dan Batang Bawang Putih nan Elok | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Krisan, Kerajinan dari Kulit dan Batang Bawang Putih nan Elok

Editor: choirul
Wartawan: mega melati
Sabtu, 08 Oktober 2016 09:40 WIB

Muslikah dengan kerajinan kulit dan batang bawang putih hasil kreasinya, yang diberi merk Krisan, sungguh menakjubkan. foto: mega melati/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Krisan adalah nama produk kerajinan tangan yang berasal dari bahan kulit dan batang bawang putih. Kerajinan unik ini dikembangkan Muslikah, di rumahnya, kawasan Tanah Merah IV Kenjeran, Surabaya.

“Dulu saat awal memberi nama, yaitu Mawar Putih. Tetapi saat pembuatan nama, Mawar Putih sudah ada yang memakai, akhirnya saya pilih nama Krisan. Nama krisan berawal dari bentuk bunga yang saya buat dari batang bawang putih,” jelas Muslikah, di rumahnya, belum lama ini.

Kerajinan dari kulit dan batang bawang putih ini dimulai pada tahun 2010, ketika Muslikah harus mengikuti lomba di kecamatan bersama ibu-ibu sekitar. Dia melihat banyak tumpukan limbah bawang putih, yaitu kulit dan batang bawang putih di depan rumah dan sebelah rumahnya.

Hal itu dikarenakan tetangga Muslikah penjual mie dan kerupuk. Dari situlah limbah didapat. “Kebanyakan sampah bawang putih itu kulitnya, batangnya cuma sedikit. Untuk mendapatkan kulit bawang putih dari sekitar sini saja, sedangkan batangnya beli di Pasar Pabean. Satu karung Rp. 10.000,” jelasnya.

Muslikah mengikuti lomba pahlawan ekonomi tingkat Surabaya setelah memenangi lomba di tingkat kecamatan. “Setelah lomba danmendapatkan juara 1 di kecamatan, saya diajukan Pak Camat untuk maju ke lomba tingkat Surabaya. Ternyata saya juga mendapatkan juara 1. Waktu itu jurinya dari Mirota, langsung diambil sama Mirota dan dijual disana sampai sekarang,” aku dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   UMKM Surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video