Masih Banyak Generasi Muda yang Tidak Tahu Sejarah G30S/PKI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Masih Banyak Generasi Muda yang Tidak Tahu Sejarah G30S/PKI

Sabtu, 01 Oktober 2016 18:06 WIB

Monumen Pancasila Sakti di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sebagian siswa di salah satu SMA Negeri di kabupaten Trenggalek mengaku tidak banyak yang tahu tentang sejarah kelam bangsa ini berupa G30S/ (Gerakan 30 September ). Mereka hanya mengetahui peristiwa tersebut sepenggal semata, yakni berupa pembunuhan terhadap 7 jenderal pada tahun 1965.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Danang Eko salah satu siswa SMA negeri di kabupaten Trenggalek beserta rekan sejawatnya usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Alun-alun kota Trenggalek, Sabtu 1 Oktober 2016.

"Pelajaran sejarah tentang G30S/ hanya saya dapatkan di bangku SMP. Setelah menginjak SMA, tidak ada lagi mata pelajaran tentang itu. Jadi ya yang saya tau tentang G30S/ adalah pembunuhan terhadap tujuh jenderal, itu saja," ungkapnya.

Menurut Danang, mata pelajaran sejarah G30S/ yang pernah didapatnya di bangku SMP hanya sekilas dan tidak ada penjelasan secara detail. Ia dan rekan sejawatnya menyarankan ada film yang dokumentasi tentang film G30S/ yang diputarkan. Dengan begitu ia beserta teman lainnya minimal akan mengetahui alur cerita sejarah yang pernah terjadi di tahun 1965 kelam.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video